November 2014
S S R K J S M
« Sep    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Workshop Implementasi Kurikulum Kebidanan Berbasis Kompetensi Tahun Ke-2

Salah satu tujuan pendidikan DIII Kebidanan adalah menghasilkan Ahli Madya kebidanan yang mampu melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangan dan kompetensinya. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penyelenggaraan Pendidikan D-III Kebidanan perlu didukung oleh kurikulum Pendidikan Diploma III yang sesuai dengan harapan. Pada saat ini telah diterbitkan Kurikulum inti Pendidikan Diploma III Kebidanan tahun 2011, namun dalam penerapannya masih memerluhkan penjabaran yang lebih detail dan operasional dalam bentuk Rencana Pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut dan menindak lanjuti pertemuan Penyelenggara Pendidikan Diploma III Kebidanan se Jawa Timur  pada tanggal 4 s/d 6 Mei 2012 dalam acara Workshop Implementasi Kurikulum Kebidanan Berbasis Kompetensi untuk tahun pertama, maka Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surabaya bekerja sama dengan AIPKIND Wilayah VII Propinsi Jawa Timur mengadakan Workshop Implementasi Kurikulum Pendidikan Diploma III Kebidanan Tahun 2011 Untuk Tahun Kedua bagi Penyelenggara Pendidikan DIII Kebidanan.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 28 Februari s/d 2 Maret 2013 di Hotel Weta Surabaya Jl. Genteng Kali 3 – 11, 60275 Surabaya.

Pembukaan

Acara ini secara resmi dibuka oleh Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya.

Nara Sumber pertama adalah Ibu K. Kasiati, S.Pd., M.Kes., beliau selaku Ketua AIPKIND WIalayah VII Jawa Timur sekaligus Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang memberikan materi tentang Metode Pembelajaran dengan SCL, CBT dan KKNI.

Kemudian Nara Sumber kedua adalah Bapak DR. Suhartono, M.Pd., beliau Dosen Universitas Negeri Surabaya memberikan materi tentang Cara pembuatan GBMK, silabus, model evaluasi KBK.

Selanjutnya peserta berdiskusi untuk menyusun Silabus dan RPP pada mata kuliah semester III dan IV.

Tujuan Umum

Tujuan dari kegiatan workshop ini adalah setelah mengikuti kegiatan Workshop Aplikasi Kurikum Pendidikan Diploma III Kebidanan peserta diharapkan mampu menyusun aplikasi penerapan kurikulum inti Pendidikan Diploma III Kebidanan pada tahun kedua dengan baik dan benar.

Tujuan Khusus

Setelah mengikuti workshop aplikasi Kurikulum DIII Kebidanan tahun 2011 diharapkan peserta mampu :

1)         Memahami tentang Implementasi Metode Pembelajaran dengan SCL, Computer Based Testing (CBT), dan Pendidikan Bidan Kedepan

2)         Memahami kurikulum Pendidikan Diploma III Kebidanan tahun 2011 dengan baik dan benar

3)         Memahami GBMK, silabus, dan model evaluasi KBK

4)         Menyusun silabus pembelajaran semester III dengan baik dan benar

5)         Menyusun silabus pembelajaran semester IV dengan baik dan benar

6)         Menyusun rencana evaluasi semester III dan IV dengan baik dan benar

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>