Oktober 2017
S S R K J S M
« Sep    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

KOPER (KOMUNITAS PEDULI REMAJA) JURUSAN KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES SURABAYA BERAKSI

Masa remaja merupakan periode terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik secara sisik, psikologis maupun intelektual. Usia remaja dalam rentang usia 10 – 19 tahun (Menurut WHO), menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 25 tahun 2014, remaja dalam rentang usia 10 – 18 tahun. Tantangan menjadi remaja adalah seks bebas, Napza, pornografi, tawuran, merokok, bolos, peer pressure. Perilaku negative yang sering muncul adalah Hubungan seks diluar nikah KTD dan aborsi tidak aman Hamil dan melahirkan di usia remaja, Penggunaan Napza, Kekerasan dalam pacaran, Kekerasan dalam pergaulan (genk motor, dll), Tawuran. Kenapa hal ini menimpa remaja dikarenakan belum tumbuhnya kesadaran pentingnya kesehatan reproduksi terutama di kalangan remaja, masih dianggap tabunya pendidikan seksualitas sejak dini dan perubahan gaya hidup global dan desakan jumlah penduduk dan perubahan struktur penduduk. Oleh karena itu remaja perlu dibekali pengetahuan dan informasi yang jelas dan dini tentang kesehatan reproduksi seksual serta bagaimana cara menjaganya, bahaya narkoba serta bagaimana life skillsnya. Salah satu upaya dilakukan adalah dengan adanya transfer ilmu pengetahuan melalui pendidikan kesehatan ataupun seminar. Kami yang tergabung dalam tim Koper (Komunitas Peduli Remaja) Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surabaya terpanggil untuk berperan serta mengantar remaja yaitu “Menuju Remaja Kekinian – Remaja Berkarakter – No Drugs – No Free Sex” dalam acara seminar sehari pada acara dies Natalis SMPN 1 Cluring – Banyuwangi – Jawa Timur yang ke 54 tahun 2017. Kami Komunitas Peduli Remaja hadir dalam seminar sehari dengan materi sebagai berikut :
Nara Sumber & Materi
1. Kesehatan Reproduksi Remaja (Dwi Purwanti, S.Kp.,SST.,M.Kes. – Ka Prodi D4 Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surabaya)
2. Bahaya Narkoba (Lailiyatur Rofiqo – mahasiswa Prodi D4 Kebidanan Poltekkes Kemenkes – Finalis Duta Anti Narkoba Jawa Timur 2017)
3. Life Skill (Ana Hermawati – mahasiswa Prodi D4 Kebidanan Poltekkes Kemenkes – Finalis Cak & Ning Surabaya 2015)

Moderatoror : Nungki Ikrima Nifsu (mahasiswa Prodi D3 Kebidanan Sutomo Poltekkes Kemenkes Surabaya – Putri Poltekkes Kemenkes Surabaya 2017)
Teknis : Siti Maisyaroh Putri (mahasiswa Prodi D4 Kebidanan Sutomo Poltekkes Kemenkes Surabaya – Putri Bidan Kartini Poltekkes Kemenkes Surabaya 2017)
Pengantar Bahasa Jepang : Latifatul Masruroh (mahasiswa D3 Kebidanan Sutomo Poltekkes Kemenkes Surabaya)
Fotografer : Firdausi Nuzula (mahasiswa Prodi D4 Kebidanan Sutomo Poltekkes Kemenkes Surabaya)
Tempat & Waktu :
Tempat : Aula SMPN 1 Cluring – Banyuwangi – Jawa Timur
Waktu : Sabtu, 26 Agustus 2017 jam 09.00 – selesai

Peserta seminar : sejumlah kurang lebih 175 orang terdiri dari Pengurus OSIS & Pembina OSIS, PMR, Pramuka, Guru-guru SMPN 1 Cluring, Pengurus OSIS & Pembina OSIS SMP sekitarnya, Pengurus Komite dan Wali Murid, beserta undangan dari Kepala Dinas P & K Kab. Banyuwangi, FORMPIMKA, Kepala Camat Cluring, Ka Polsek beserta jajarannya. Sambutan meriah luar biasa semangat dan aktif dari peserta seminar serta sambutan Kepala Dinas P & K serta Camat Cluring dan undangan lain sepakat perangi Narkoba – say to no drugs no free sex selamatkan generasi muda untuk menuju generasi kekinian generasi berkarakter.
Selain seminar kami tim Koper melakukan promosi Poltekkes Kemenkes Surabaya kepada peserta yang hadir juga lingkungan di SMPN 1 Cluring – Banyuwangi – Jawa Timur, dengan materi :
1. Visi & Misi Poltekkes Kemenkes Surabaya
2. Jurusan & Prodi pilihan yang ada di Poltekkes Kemenkes Surabaya
3. Visi & Misi Prodi D3 dan D4 Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surabaya.

Dokumentasi (Foto-foto Kegiatan)

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>