PEDOMAN PRAKTIK KLINIK KHUSUS SMT VI

PEDOMAN PEMBELAJARAN PRAKTEK KLINIK

PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN TINGKAT III SEMESTER VI

  1. I. PENDAHULUAN

Latar Belakang

Penyelenggaraan pendidikan Diploma 4 Kebidanan merupakan pendidikan berdasar kompetensi yang bertugas mencetak bidan yang professional. Selain harus melalui pembelajaran teori di kelas, praktika laboratorium kelas, juga harus melaksanakan pembelajaran praktika klinik di tingkat pelayanan kesehatan maupun lapangan atau komunitas.

Pembelajaran praktika klinik merupakan proses transformasi dan implementasi yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik, menerapkan ilmu yang sudah dipelajari di kelas (baik teori dan laboratorium) pada situasi nyata (sebenarnya) dan memberikan kesempatan beradaptasi pada perannya sebagai bidan professional dalam melaksanakan praktika pada tatanan nyata sesuai tingkatan pelayanan kesehatan kebidanan sekaligus melaksanakan system manajerial sebagai manifestasi bidan sebagai manajer dan peneliti.

  1. II. TUJUAN PRAKTIK KLINIK
  1. A. Tingkat III Semester VI
  1. Tujuan Umum

Setelah mahasiswa melaksanakan praktik klinik selama 4 minggu diharapkan mampu melaksanakan asuhan kebidanan klinik komprehensif kepada wanita sepanjang daur kehidupan, neonatus, bayi & anak balita yang normal maupun yang bermasalah secara mandiri dan kolaborasi, dengan pendekatan manajemen kebidanan di semua tatanan pelayanan kesehatan baik di Instansi Kesehatan maupun komunitas, serta mempraktekkan system manajerial peran bidan sebagai manajer dan peneliti.

  1. Tujuan Khusus

02.01.       Melaksanakan asuhan kebidanan klinik komprehensif dan mandiri kepada wanita sepanjang daur kehidupan, neonatus, bayi & anak balita baik yang normal maupun yang bermasalah di semua pelayanan kesehatan

02.02.       Asuhan kebidanan yang diberikan berupa kasus fisiologis dan patologis sepanjang siklus kehidupan

  1. III. KOMPETENSI YANG HARUS DICAPAI
  1. A. Tingkat III Semester VI
  1. Melaksanakan asuhan kebidanan pada kehamilan normal trimester I, II dan III secara mandiri (kandidat bidan)
  2. Melaksanakan asuhan kebidanan pada persalinan normal kala I, II, III dan IV dan deteksi dini komplikasi dengan secara mandiri (kandidat bidan)
  3. Melaksanakan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir dan deteksi dini komplikasi dengan secara mandiri (kandidat bidan)
  4. Melaksanakan asuhan kebidanan pada masa nifas normal dan deteksi dini kompli-kasi dengan secara mandiri (kandidat bidan)
  5. Melaksanakan asuhan kebidanan pada bayi dan balita normal dan deteksi dini komplikasi dengan secara mandiri (kandidat bidan)
  6. Melaksanakan asuhan kebidanan pada kehamilan trimester I, II dan III bermasalah dengan bimbingan sewaktu
  7. Melaksanakan asuhan kebidanan pada persalinan kala I, II, III dan IV bermasalah dengan bimbingan sewaktu
  8. Melaksanakan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir bermasalah dengan bimbingan sewaktu
  9. Melaksanakan asuhan kebidanan pada masa nifas bermasalah dengan bimbingan sewaktu
  10. Melaksanakan asuhan kebidanan pada gangguan system reproduksi dengan bim-bingan sewaktu
  11. Melaksanakan pelayanan pada akseptor keluarga berencana dengan bimbingan sewaktu
  1. IV. TEMPAT  PRAKTIK
  1. Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo

01.01.       Ruang Ginek Akur IRD

01.02.       Ruang Merak (Kandungan)

01.03.       Poli Anak

01.04.       Poli Hamil

01.05.       Poli Kandungan

01.06.       Ruang Bona 1

01.07.       Ruang Cendrawasih

01.08.       R Merpati

01.09.       Ruang Nifas IRD

01.10.       Poli POSA

  1. Rumah Sakit Umum Haji

02.01.       Ruang Anak

02.02.       Ruang Nifas

02.03.       Ruang VK

02.04.       R NICU

02.05.       Poli Kandungan

02.06.       Poli Hamil

  1. V. JUMLAH MAHASISWA

Jumlah Mahasiswa Tingkat III Reguler  A = 39 mahasiswa, Reguler B=37 mahasiswa

  1. VI. WAKTU PELAKSANAAN

–        Dimulai tanggal  13 April s.d 10 Mei 2019

  1. VII. PEMBIMBING  PRAKTIK  KLINIK

Daftar nama mahasiswa dan daftar nama pembimbing terlampir dalam jadwal praktek klinik

  1. VIII. STRATEGI  PEMBELAJARAN
    1. Mahasiswa memperoleh informasi tentang tujuan pembelajaran praktek dan kompetensi yang harus dicapai (target)
    2. Mahasiswa memperoleh pembekalan yang diperlukan sebelum pelaksanaan praktek
    3. Mahasiswa dibagi dalam kelompok-kelompok
    4. Mahasiswa mempraktekkan ditempat praktek terkait
    5. Metode pembelajaran praktek :

05.01.       Pre Conference

05.01.01.    Informasi tentang proses praktek

05.01.02.    Penjagaan kesiapan praktek mahasiswa

05.01.03.    Perencanaan praktek mahasiswa

05.02.       Midwifery Ronde

05.03.       Bed Side Teaching

05.04.       Post Conference

05.04.01.    Pemberian umpan balik antara pembimbing dan mahasiswa

05.04.02.    Self evaluation

05.05.       Seminar pada 1 atau 2 hari terakhir pada minggu ke-2

  1. IX. EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK KLINIK
    1. A. Kriteria Evaluasi

Evaluasi proses belajar praktek meliputi :

  1. Kompetensi / keterampilan
  2. Sikap, kehadiran, disiplin, tanggung jawab, inisiatif
  3. Administrasi (laporan)
  1. B. Kelulusan

Mahasiswa dinyatakan mampu dengan kriteria :

  1. Kompetensi / keterampilan (bobot 5)

Dalam hal keterampilan mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan sesuai kompetensi yang telah ditentukan

  1. Sikap

Untuk menilai sikap minimal B (baik) (bobot3) atau (68-79)

  1. Administrasi

Untuk menilai dalam administrasi mahasiswa menyerahkan laporan kegiatan praktek yang telah disahkan oleh Pembimbing (bobot 2)

Ketentuan :

A        =          79         –          100

AB      =          75         –          78

B        =          68         –          74

BC     =          60         –          67

C        =          55         –          59

D        =          50         –          54

E        =          0          –          49

Catatan :

Laporan dikumpulkan tepat waktu

Laporan terlambat 1 s/d 5 hari dikurangi 5%

Laporan terlambat 6 s/d 10 hari dikurangi 10%

Laporan terlambat lebih dari 10 hari dikurangi 20%

Lampiran  :  1

LAPORAN

KEGIATAN PRAKTIK DI RUANG …………………………

RSU Dr. SOETOMO/RSU HAJI SURABAYA/RSUD Dr.SOEWANDI/RB / BPS

TANGGAL : ………………………… s/d …………………………

LOGO POLTEKKES

Disusun oleh  :

1.

2.

3.

4.

KEMEMTERIAN  KESEHATAN RI

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURABAYA

JURUSAN KEBIDANAN

PROGRAM STUDI KEBIDANAN SUTOMO SURABAYA

TAHUN ………

Lampiran  :  2

KERANGKA TINJAUAN KASUS

  1. 1. Pengkajian

Tanggal pengkajian    :…………………………………………………………………………………………..

Pukul                    :   ………………………………………………………………………………………

Oleh                     :   ………………………………………………………………………………………

1.1. Data Subyektif

1.1.1.   Biodata

Nama Pasien        :     …………………………………………………………………….

Umur                    :     …………………………………………………………………….

Agama                  :     …………………………………………………………………….

Suku / bangsa       :     …………………………………………………………………….

Pendidikan            :     …………………………………………………………………….

Pekerjaan              :     …………………………………………………………………….

Alamat                  :     …………………………………………………………………….

Nomor telepon       :     …………………………………………………………………….

1.1.2.   Keluhan

Utama                  :     …………………………………………………………………….

Tambahan             :     …………………………………………………………………….

1.1.3.   Riwayat penyakit sekarang

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

1.1.4.   Riwayat penyakit dahulu

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

1.2. Data Obyektif

1.2.1.   Keadaan Umum

Kesadaran

Tanda-tanda vital   :     Tekanan darah      :………………………………………………..

Suhu               :     ……………………………………………

Nadi               :     ……………………………………………

Respirasi        :     ……………………………………………

1.2.2.   Pemeriksaan Fisik

Kepala dan wajah  :     …………………………………………………………………….

Leher                    :     …………………………………………………………………….

Dada                    :     …………………………………………………………………….

Abdomen              :     …………………………………………………………………….

Punggung              :     …………………………………………………………………….

Genetalia              :     …………………………………………………………………….

Ekstrinitas             :     …………………………………………………………………….

Atas                     :     …………………………………………………………………….

Bawah                  :     …………………………………………………………………….

1.2.3.   Program therapi yang diperoleh

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

1.2.4.   Data Penunjang

Hasil pemeriksaan laboratorium dan lainnya

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

  1. 2. Masalah

…………………………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………..

  1. 3. Asuhan yang diberikan

…………………………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………………………..

Lampiran  :  3

PEDOMAN PENULISAN LAPORAN ASUHAN KEBIDANAN

( Semester V s/d  VI )

Lembar Pengesahan

Kata Pengantar

Daftar Isi

BAB 1      Pengkajian

1.1.    Latar Belakang Kasus (kaitan dengan kasus)

1.2.    Tujuan (Umum & Khusus)

1.3.    Pelaksanaan

1.4.    Sistematika Penulisan

BAB 2      Landasan Teori

2.1.    Konsep Dasar (kehamilan/persalinan/postpartum/BBL)

2.1.1.   Pengertian

2.1.2.   Patofisiologi

2.2.    Asuhan Kebidanan Pada (kehamilan/persalinan/post partum/BBL)

2.2.1.   Pengkajian data

2.2.2.   Diagnosa/masalah

2.2.3.   Diagnosa potensial

2.2.4.   Tindakan segera

2.2.5.   Rencana tindakan dan rasional

2.2.6.   Pelaksanaan rencana tindakan

2.2.7.   Evaluasi/follow up

2.2.8.   Dokumentasi

BAB 3      Tinjauan Kasus

3.1.    Subyektif

3.2.    Obyektif

3.3.    Assesment/analisa data

3.3.1.   Diagnosa aktual

3.3.2.   Masalah

3.3.3.   Diagnosa potensial

3.3.4.   Identifikasi kebutuhan tidakan segera

3.4.    Panning

3.4.1.   Tindakan segera

3.4.1.1.  Kolaborasi

3.4.1.2.  Konsultasi / tes diagnostik / laborat

3.4.1.3.  Rujukan

3.4.2.   Pendidikan

3.4.3.   Konseling

3.4.4.   Follow up / evaluasi

BAB 4      Simpulan (untuk menjawab tujuan khusus)

Daftar Pustaka

Lampiran  :  4

FORMAT PENILAIAN LAPORAN ASUHAN KEBIDANAN

Nama Mahasiswa              :     ……………………………………………………………………………….

NIM                                  :     ……………………………………………………………………………….

Tanggal Praktek                :     ……………………………………………………………………………….

Ruangan Praktek               :     ……………………………………………………………………………….

Nilai                                  :     ……………………………………………………………………………….

Semester / Tahun Akademik     :……………………………………………………………………………………

No. Aspek Yang Dinilai Bobot Nilai (0–100) Keterangan
I Laporan Pendahuluan (Tinjauan Pustaka20 %
  1. Konsep Dasar ……… (kehamilan/persalinan/post partum/BBL/bayi, anak/kandungan/KB)
  2. Asuhan kebidanan pada ……… (kehamilan/per-salinan/post partum, dsb.)

2.1.    Pengkajian data / pengumpulan data

2.2.    Interpretasi data (diagnosa/masalah)

2.3.    Identifikasi (diagnosa/masalah potensial)

2.4.    Tindakan segera (kalau ada)

2.5.    Rencana tindakan

2.6.    Pelaksanaan secara tindakan

2.7.    Evaluasi

II Tinjauan Kasus
III Responsi 30%
  1. Kemampuan menjawab berdasarkan teori
  2. Pertanggung jawaban atas laporan / asuhan ke-bidanan yang sudah dilaksanakan

Catatan :

A      =      79  – 100

AB    =      75  –   78

B      =      68  –   74

BC   =         60 –   67

C      =         55 –   59

D      =      50  –   54

E      =        0  –   49

……………………,  ……………………………….

Pembimbing Akademik,

_______________________________

NIP.

Lampiran  :  6

KEMENTERIAN  KESEHATAN  RI

POLITEKNIK  KESEHATAN  KEMENKES  SURABAYA

Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No. 8A

Telp. (031) 5049649, 5027404, 5501723 ? Fax. (031) 5049649, 5016646 ? e-mail : jurkeb.poltekkesdepkessby@gmail.com

Surabaya – 60286

Daftar :  Penilaian Kegiatan Praktek bagi Mahasiswa Program Studi Kebidanan Sutomo Surabaya

Semester    :……………………………………….

Tanggal   :   …………………………………..

Nomor Nama Mahasiswa Yang Dinilai Jumlah dan Rata-Rata Ket.
Urut Induk Keterampilan

(N1 x 1)

Sikap

(N2 x 2)

Amd./Lap.

(N3 x 2)

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.

Keterangan:

A      =      79  – 100

AB    =      75  –   78

B      =      68  –   74

BC   =         60 –   67

C      =         55 –   59

D      =      50  –   54

E      =        0  –   49

Surabaya,  ……………………………….

Ketua Ruangan,                                                          Pembimbing Ruangan,

_______________________________                            _______________________________

Mengetahui  :

Kepala Diklat,                                                              Kepala Perawatan,

_______________________________                            _______________________________

Tulisan ini dipublikasikan di Seputar Kampus Soetomo Surabaya. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *