Juni 2017
S S R K J S M
« Mei    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Profil-Kebidanan Bangkalan

PROFIL

POLTEKKES KEMENKES SURABAYA

JURUSAN KEBIDANAN

PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN

KAMPUS BANGKALAN

logo


KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURABAYA

JURUSAN KEBIDANAN

PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN KAMPUS BANGKALAN

TAHUN 2012

KATA PENGANTAR

Puji Syukur ke hadirat Allah, SWT kami panjatkan atas Ridho-Nya, karena kami telah dapat menyelesaikan penyusunan profil Program Studi DIII Kebidanan Kampus Bangkalan Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya.

Dengan tersusunnya profil ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu baik dari pengetahuan maupun sikap dan ketrampilan. Dengan demikian para lulusan akan mampu bersaing di era global.

Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan profil ini. Semoga Allah Yang Maha Esa selalu bersama kita dan selalu menunjukkan kepada jalan yang benar. Amin..

Bangkalan, Mei 2012

Ketua Program Studi DIII Kebidanan

Kampus Bangkalan

Sri Wayanti, SSiT, MPH

NIP : 196603271989032001

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan hal tersebut merupakan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Untuk mewujudkan hal tersebut, diselenggarakan upaya kesehatan yang terpadu dan menyeluruh dalam bentuk upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat, dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, yang dilaksanakan secara terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan, sebagaimana yang di amanatkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Untuk mendukung upaya kesehatan maka, diperlukan Tenaga Kesehatan yang bertugas melakukan kegiatan pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai dengan bidang keahlian dan atau kewenangannya. Bidan adalah salah satu kategori tenaga kesehatan yang dapat berperan serta dalam upaya mewujudkan pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang optimal khususnya kesejahteraan ibu dan anak, hal ini sejalan dengan pencapaian Millenium Development Goals (MDGs).

Tenaga Bidan yang berkualitas dihasilkan oleh institusi pendidikan kebidanan yang dikelola dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahan, teknologi dan regulasi. Pendidikan Bidan di Indonesia saat ini mayoritas berada pada jenjang D-III Kebidanan dengan kualifikasi sebagai Bidan pelaksana, yang memiliki kompetensi untuk melaksanakan praktiknya baik institusi pelayanan maupun praktik perorangan ( Kepmenkes Nomor 369/menkes/SK/III/2007 Tentang Standart profesi Bidan ).

Saat ini penyelenggaraan pendidikan D-III kebidanan menggunakan Kurikulum pendidikan D-III Kebidanan yang ditetapkan oleh Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : HK.00.06.2.4.1.1583 tentang Kurikulum Pendidikan D-III kebidanan Tahun 2002. Dengan adanya berbagai perubahan dalam regulasi dan makin berkembangnya profesi kebidanan serta memperhatikan aspek legal yang terjadi dalam tatanan pelayanan kesehatan, maka kurikulum Pendidikan D-III kebidanan di revisi dan dikembangkan ulang menjadi Kurikulum Inti pendidikan D-III Kebidanan Tahun 2011, sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan pemberdayaan Sumber Daya manusia Kesehatan Nomor Hk.02.05/I/III/2/08794/2011 tentang Kurikulum Inti Pendidikan D-III Kebidanan.

Berdasarkan Kurikulum D-III tahun 2002 dan Kurikulum Inti tahun 2011, maka Program , maka Program Studi D-III Kebidanan kampus Bangkalan berusaha untuk mendidik mahasiswa kebidanan agar dapat tercipta ahli madya kebidanan profesional sesuai dengan kebutuhan khususnya kesehatan ibu dan anak.

B. TUJUAN

Memberikan gambaran tentang keadaan dari Program Studi D-III Kebidanan Kampus Bangkalan sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas.

C. RUANG LINGKUP

Ruang lingkup dari Program Studi D-III Kebidanan Kampus Bangkalan mencakup :

Bab I : Pendahuluan

Bab II : Data Umum yang meliputi nama dan alamat institusi, tahun pendirian institusi, nama Koordinator Pelaksana Kegiatan, Batas wilayah dan kepemilikan lembaga.

Bab III : Sejarah Program Studi D-III Kebidanan Kampus Bangkalan yang meliputi sejarah berdirinya, Lokasi, status institusi, program yang dilaksanakan dan tingkatan/ jenjang institusi.

Bab IV : Penyelenggaraan Pendidikan yang dimulai sejak penerimaan mahasiswa baru, Proses Belajar mengajar yang mencakup Kurikulum, Kalender Pendidikan, Praktek Kerja Lapangan dan wisuda lulusan

Bab V : Pengorganisasian lembaga.

Bab VI : Sumber Daya yang mencakup tenaga, sarana dan dana.

Bab VII : Penutup

BAB II

DATA UMUM

A. Nama Institusi : Program Studi D-III Kebidanan Kampus Bangkalan Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya

B. Alamat : Jl. Soekarno Hatta No. 32 Bangkalan

Telp (031) 3095970

Kode Pos 69116

C. SK Pendirian : No 1207/ MENKES/ SK.XI/2001 tentang Pembentukan Politeknik Kesehatan Malang, Palangkaraya, Surabaya, Banda Aceh dan Ternate

D. Nama Ketua Prodi DIII Kebidanan : Sri Wayanti, SSiT.,MPH

E. Batas Wilayah Institusi : Utara : Tanah Perkampungan

Timur : Tanah Negara

Selatan : Dinas Lingkungan Hidup

Barat : Tanah Perkampungan

F. Kepemilikan : Kemenkes Republik Indonesia

BAB III

SEJARAH INSTITUSI

A. PENDIRIAN INSTITUSI

Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Pusdiknakes) Departemen Kesehatan RI membuka dan melaksanakan Pendidikan Kedinasan Bidang Kesehatan baik dalam jenjang Pendidikan Menengah (JPM) seperti Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), Sekolah Bidan, Sekolah Menengah Analis Kesehatan (SMAK), Sekolah Pengatur Rawat Gigi (SPRG), dll., maupun Jenjang Pendidikan Tinggi (JPT) seperti Akademi Keperawatan (Akper), Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) dan emi Teknik Elektromedik (ATEM).

Sekitar tahun 1989 Sekolah-sekolah Departemen Kesehatan yang tergabung pada Jenjang Pendidikan Menengah (JPM) dikonversi menjadi Jenjang Pendidikan Tinggi (JPT) yang disebut Akademi, seperti Sekolah Perawat dan Sekolah Bidan dikonversi menjadi Akademik Keperawatan dan Akademi Kebidanan, Sekolah Menengah Analis Kesehatan menjadi Akademi Analis Kesehatan, Sekolah Pengatur Rawat Gigi menjadi Akademi Kesehatan Gigi.

Sekolah-sekolah Jenjang Pendidikan Menengah (JPM) yang dikonversi menjadi Jenjang Pendidikan Tinggi (JPT) kemungkinan untuk melembaga dirasakan banyak kesulitan, maka salah satu antisipasi yang terbaik pada saat itu agar efektif dan efisien adalah dengan dikembangkan kelembagaannya menjadi Politeknik Kesehatan Surabaya (Poltekkes) termasuk diantaranya adalah 13 Akademi Kesehatan yang ada di Jawa Timur melembaga menjadi Politeknik Kesehatan Surabaya sesuai dengan Surat Keputusan Menkes-Kesos Nomor 1207/MENKES-KESOS/SK/2001 tanggal 12 Nopember 2001.

Konversi tersebut adalah :

1. Akademi Keperawatan menjadi Jurusan Keperawatan.

· Akademi Keperawatan Sutomo menjadi Program Studi Keperawatan Sutomo.

· Akademi Keperawatan Sutopo menjadi Program Studi Keperawatan Sutopo.

· Akademi Keperawatan Sidarjo menjadi Program Studi Keperawatan Sidoarjo.

· Akademi Keperawatan Tuban menjadi Program Studi Keperawatan Tuban.

2. Akademi Kebidanan mejadi Jurusan Kebidanan.

· Akademi Kebidanan Sutomo menjadi Program Studi Kebidanan Sutomo.

· Akademi Kebidanan Magetan menjadi Program Studi Kebidanan Magetan.

· Akademi Kebidanan Bangkalan menjadi Program Studi Kebidanan Bangkalan.


3. Akademi Kesehatan Lingkungan menjadi Jurusan Kesehatan Lingkungan.

· Akademi Kesehatan Lingkungan Surabaya menjadi Program Studi Kesehatan Lingkungan Surabaya.

· Akademi Kesehatan Lingkungan Madiun menjadi Program Studi Kesehatan Lingkungan Madiun.


4. Akademi teknik Elektromedik menjadi Jurusan Teknik Elektromedik
5. Akademi Kesehatan Gigi menjadi Jurusan Kesehatan Gigi.
6. Akademi Analis Kesehatan menjadi Jurusan Analis Kesehatan.

Dan pada tahun 2007 Program Studi Keperawatan Anestesi Surabaya ditiadakan, sehingga Politeknik Kesehatan Surabaya terdiri dari 6 Jurusan dengan 12 Program Studi.

DASAR PENYELENGGARAAN

1. Undang-undang nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan.

2. Peraturan Pemerintah nomor 32 tahun 1996 tentang Tenaga Kesehatan.

3. Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

4. Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Nomor 298/MENKES-KESOS/SK/IV/2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan.

5. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 1277/Menkes/SK/X/2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Kesehatan.

6. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor OT.01.01.2.4.0375 tahun 2003 tentang Pedoman Organisasi dan Tatalaksana Politeknik Kesehatan.

7. Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

8. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar.

9. Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Nomor 1207/MENKES-KESOS/SK/XI/2001 tanggal 12 Nopember 2001 tentang Pembentukan Politeknik Kesehatan Malang, Palangkaraya, Surabaya, Banda Aceh dan Ternate.

10. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.00.06.2.4.3199 tahun 2004 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pendidikan JPT Pendidikan Tenaga Kesehatan.

11. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.00.06.2.4.3198 tentang Pedoman Penata Usahaan Ijasah Pendidikan Diploma Bidang Kesehatan.

12. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 1575 tahun 2005 tentang Penyempurnaan Organisasi dan Tata Laksana Politeknik Kesehatan Surabaya.

Pada tahun 2010 terjadi pergantian pimpinan di lingkungan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya, sehinggan menjadi :

1. Program Studi D3 Keperawatan Kampus Soetomo Surabaya

2. Program Studi D3 Keperawatan Kampus Sutopo Surabaya

3. Program Studi D3 Keperawatan Kampus Sidoarjo

4. Program Studi D3 Keperawatan Kampus Tuban

5. Program Studi D3 Kebidanan Kampus Sutomo Surabaya

6. Program Studi D3 Kebidanan Kampus Magetan

7. Program Studi D3 Kebidanan Kampus Bangkalan

8. Program Studi D3 Kesehatan Lingkungan Kampus  Surabaya

9. Program Studi D3 Kesehatan Lingkungan Kampus  Madiun

10. Program Studi D3 Teknik Elektromedik Kampus  Surabaya

11. Program Studi D3 keperawatan Gigi Kampus  Surabaya

12. Program Studi D3 Analis Kesehatan Kampus  Surabaya

13. Program Studi D3 Gizi Kampus Surabaya

Awal berdirinya Institusi Program Studi Kebidanan Bangkalan adalah sekolah Bidan sejak tahun 1965 atas prakarsa bapak H.M Noer mantan Gubernur Jawa Timur. Sekolah Bidan ini dibiayai oleh Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupaten Bangkalan.

Dengan adanya konversi maka sekolah bidan Bangkalan pada tanggal 9 September 1978 menjadi Sekolah Perawat Kesehatan dengan SK Nomor 245/ MENKES/ SK/ 6/ 1979 tanggal 27 Juni 1979.

Pada tahun 2001 ada perubahan dalam tatalaksana organisasi Departemen Kesehatan, yang semula berada dibawah naungan Kantor Wilayah Departemen Kesehatan Propinsi Jawa Timur berbah menjadi dibawah Politeknik Kesehatan Surabaya dengan SK Menkes RI no. 1207/ Menkes/ SK/ XI/ 2001 tentang pembentukan Politeknik Kesehatan Surabaya, Malang, Palangkaraya, Banda Aceh dan Ternate.

B. STATUS INSTITUSI

Institusi Program Studi D-III Kebidanan Kampus Bangkalan adalah milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

C. LOKASI INSTITUSI

Jl. Soekarno Hatta No 32 Desa Mlajah Kecamatan Kota Bangkalan

D. PENGEMBANGAN SARANA GEDUNG

Tanah milik Kementerian Kesehatan RI berdasarkan Pendaftaran tanah tanggal 17 September 1981 pada kantor Agraria u/b Kepala Seksi Pendaftaran Tanah. Pada tahun pertama dibangun gedung sekolah, dua unit Asrama Putra dan Putri, Ruang Diskusi, Ruang Makan, 2 unit perumahan Dinas , Kantor dan pagar tembok keliling. Pada bulan September 1984 pertama kali ditempati.

Beberapa perubahan yang terjadi adalah sebagai berikut :

1. Tahun Anggaran 1989/ 1990 ada penambahan bangunan dari BP 3 yaitu Pos Jaga, Musholla, tempat jemuran dan garasi.

2. Tahun Anggaran 1992/ 1993 ada penambahan dari BP 3 yaitu Saluran pembuangan limbah dan garasi bus.

3. Tahun Anggaran 1993/ 1994 ada penambahan dengan dana berasal dari APBN yaitu

a. Pembangunan Gedung Asrama 1 unit

b. Pembangunan Ruang kelas 1 unit

c. Rehabilitasi total gedung asrama putera, Asrama Puteri, 3 ( tiga ) ruang kelas, kantor dan ruang Guru.

4. Tahun 1994/1995 dilakukan rehabilitasi ruang setrika dan perbaikan saluran air limbah (Dana dari BP-3)

5. Tahun 1994/ 1995 dilakukan rehabilitasi ruang Laboratorium dan ruang pengelola dengan asal dana dari APBN.

6. Tahun 1999 dilakukan alih fungís asrama putera menjadi laboratorium praktek ibu, anak, físika, mikrobiologi, KDPK, Bahasa Inggris, serta perpustakaan dana berasal BP 3 dan DIK Rutin.

7. Tahun 2001 dilakukan pembangunan Gasebo di depan gedung utama , dana berasal dari dana pengembangan.

8. Pemasangan Keramik asrama dan laboratorium dari dana DIK tahun 2002

9. Renofasi Musholla dan perbaikan pagar halaman Program Studi Kebidanan Bangkalan dengan dana berasal dari BP3 tahun 2003

10. Penambahan daya listrik dan parkir sepeda motor pada tahun 2004 dengan dana berasal dari dana pengembangan

11. Peningkatan gedung utama kantor menjadi 2 lantai dan pembuatan gapura pada tahun 2006, dana berasal dari BP3

12. Peninggian dari pagar tembok sebelah belakang dan bagian timur, pengecatan tembok serta pagar besi. Renovasi ruang dosen serta alih fungsi menjadi ruang komunitas, ruang HIMA, ruang evaluasi dan ruang pengelola pada tahun 2006 dengan dana berasal dari DIK

13. Pemisahan listrik asrama dan kantor, dan pemasangan listrik baru untuk asrama pada tahun 2007 dengan dana berasal dari BP3

14. Pembuatan garasi mobil dari dana BP 3 pada tahun 2007

15. Renovasi Gasebo dan Pos Satpam dari dana DAPARMAS tahun 2008.

16. Renovasi atap Lokal I, II, dan III Tahun 2009

17. Renovasi Gedung Utama ( Penambahan Lantai atas ) Tahun 2005

BAB IV

PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

  1. PENERIMAAN MAHASISWA BARU

SIPENSIMARU adalah Sistem Penerimaan Siswa dan mahasiswa baru Jenjang Pendidikan Menengah (JPM) dan Jenjang Pendidikan Tinggi ( JPT) yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Kemenkes RI, yang dalam pelaksanaannya diberikan kepada unit pelaksana Teknis ( UPT) Poltekkes Kementerian Kesehatan atau UPT yang lainnya. Setiap tahun akademik baru, dilaksanakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru dengan tujuan untuk mendapatkan calon peserta didik yang berkualitas. Kegiatan ini diatur melalui Surat keputusan kepala badan pengembangan Pendidikan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Kemenkes RI.

Berdasarkan Pedoman pelaksanaan Seleksi penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya tahun 2011/2012 Program Studi D-III Kesehatan, Jalur Uji Tulis Nomor : DM.01.0.04/2167/2011.

Penerimaan mahasiswa baru dipusatkan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya. Adapun tata cara pendaftaran Mahasiswa baru pada tahun 2011/2012 adalah sebagai berikut :

1. Calon peserta melakukan registrasi dengan mengisi data secara online melalui website www.poltekkesdepkes-sby.ac.id. Data yang dicetak adalah : 1) Formulir Pendaftaran 2) Permohonan Peserta PMDP 3) Surat Pernyataan

2. Membayar biaya pendaftaran ditujukan ke rekening BRI Syariah KCI Surabaya Gubeng, nomor rekening : 1002641727, a/n Politeknik Kesehatan Surabaya,untuk pembayaran: Pendaftaran Sipenmaru Jalur PMDP Poltekkes Kemenkes Surabaya (melalui teller Bank, bukan melalui ATM/ Phone Banking/ Internet).

3. Berkas yang harus dikirim yaitu:

    • Formulir Pendaftaran (hasil print out secara online) telah ditempeli pas foto
    • Surat Permohonan Peserta PMDP (hasil print out secara online) dan diketahui oleh Kepala Sekolah.
    • Foto copy raport mulai semester I sampai V dan dilegalisir oleh Kepala Sekolah (rangkap 1)
    • Pas Foto terbaru (tiga bulan terakhir) warna Hitam Putih uk. 4×6 sebanyak 3 lembar (Pas foto harus sama dengan yang ditempel di formulir)
    • Asli bukti pembayaran Pendaftaran PMDP Poltekkes Kemenkes Surabaya dari Bank tempat melakukan pembayaran.
    • Surat pernyataan bermeterai Rp. 6.000,-. Menyatakan menerima segala keputusan Panitia atas hasil pengukuran tinggi badan pada saat uji kesehatan. (Bagi yang memilih Jurusan Keperawatan dan Kesehatan Gigi).
    • Berkas dimasukkan dalam map dengan warna sesuai Jurusan yang dipilih:- Warna hijau untuk Jurusan Keperawatan- Warna merah untuk Jurusan Kesehatan Lingkungan- Warna merah pink untuk Jurusan Kesehatan Gigi

4. Pengiriman berkas pendaftaran PMDP dibungkus amplop warna coklat, pojok kiri atas ditulis JALUR SELEKSI PMDP, ditujukan sesuai Jurusan yang dipilih :

· Ketua Jurusan Keperawatan
Jl. Prof. Dr. Mestopo No. 8C Surabaya
Kodepos 60286 Telp. 031-5038487

· Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan
Jl. Menur 118 A Surabaya
Kodepos 60282 Telp. 031-5020696

· Ketua Jurusan Kesehatan Gigi
Jl. Pucang Jajar Selatan No. 24 Surabaya
Kodepos 60282 Telp. 031-5027031

UJI KESEHATAN

1. Pengukuran tinggi badan untuk Jurusan Keperawatan, dan Kesehatan Gigi sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan dan dilakukan saat Uji Kesehatan, apabila dalam pengukuran tinggi badan kurang dari yang telah ditentukan maka peserta langsung dinyatakan tidak lulus.

2. Uji Kesehatan dilakukan bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi raport.

  1. KEADAAN PESERTA DIDIK TAHUN AKADEMIK 2011/2012

Keadaan peserta didik pada Program Studi D-III Kebidanan Kampus Bangkalan Tahun Akademik 2011/2012 dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel 4.1. Data peserta didik Program Studi D-III Kebidanan Kampus Bangkalan Tahun Akademik 2011/2012.

NO

PROGRAM

SEMESTER

JUMLAH

I

II

III

IV

V

VI

1

- Reguler

40

39

39

39

39

39

235

2

- Non Reguler

37

36

53

52

39

39

256

Total

77

75

92

91

78

78

  1. STRUKTUR PROGRAM

Struktur program pada Program Studi Kebidanan Bangkalan mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.00.06.2.4.1583 tentang Kurikulum Pendidikan D III Kebidanan Departemen Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2002 dan Keputusan Kepala badan pengembangan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Nomor HK.02.05/I/III/2/08794/2011 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Diploma III Kebidanan. Adapun Kurikulum Tahun 2002 sebagai berikut :

No

Kode MK

MPK

Bobot SKS

T

P

K

1

Bd. 101

Pendidikan Pancasila

2

2

-

-

2

Bd. 102

Pendidikan Agama

2

2

-

-

3

Bd. 103

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

-

-

4

Bd. 104

Bahasa Inggris

2

1

1

-

Jumlah

8

7

1

-

No

Kode MK

MKK

Bobot SKS

T

P

K

1

Bd. 201

Anatomi

2

1

1

-

2

Bd. 202

Fisiologi

2

1

1

-

3

Bd. 203

Biologi Reproduksi

3

2

1

-

4

Bd. 204

Biokimia

2

1

1

-

5

Bd. 205

Fisika Kesehatan

2

1

1

-

6

Bd. 206

Farmakologi

3

2

1

-

7

Bd. 207

Mikrobiologi

2

1

1

-

8

Bd. 208

Ketrampilan Dasar Praktik Klinik

3

1

2

-

9

Bd. 209

Obstetri

2

2

-

-

10

Bd. 210

Gynekologi

2

2

-

-

11

Bd. 211

Ilmu Kesehatan Anak

2

2

-

-

12

Bd. 212

Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi

2

1

1

-

13

Bd. 213

Psikologi

2

1

1

-

14

Bd. 214

Epidemiologi

2

1

1

-

15

Bd. 215

Biostatistik

2

1

1

-

Jumlah

33

20

13

-

No

Kode MK

MKB

Bobot SKS

T

P

K

1

Bd. 301

Askeb I (Kehamilan)

4

1

3

-

2

Bd. 302

Askeb II ( Persalinan )

4

1

3

-

3

Bd. 303

Askeb III (Nifas)

2

1

1

-

4

Bd. 304

Askeb IV (Pathologi Kebidanan)

5

2

3

-

5

Bd. 305

Askeb V (Kebidanan Komunitas)

4

1

3

-

6

Bd. 306

Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita

4

2

2

-

7

Bd. 307

Kesehatan Reproduksi

3

2

1

-

8

Bd. 308

Pelayanan KB

3

1

2

-

9

Bd. 309

Dokumentasi Kebidanan

2

1

1

-

10

Bd. 310

Praktek Klinik Kebidanan

15

-

-

15

Jumlah

46

12

19

15

No

Kode MK

MPB

Bobot SKS

T

P

K

1

Bd. 401

Konsep Kebidanan

4

2

2

-

2

Bd. 402

Etika Profesi dan Hukum Kesehatan

2

1

1

-

3

Bd. 403

Komunikasi & Konselinh dalam praktek Keb

2

1

1

-

4

Bd. 404

Mutu Layanan Kebidanan

2

1

1

-

5

Bd. 405

Metoda Penelitian

2

1

1

-

6

Bd. 406

Karya Tulis Ilmiah

3

-

3

-

Jumlah

15

6

9

-

No

Kode MK

MBB

Bobot SKS

T

P

K

1

Bd. 501

Ilmu Kesehatan Masyarakat

2

1

1

-

2

Bd. 502

Ilmu Sosial Budaya Dasar

2

2

-

-

3

Bd. 503

Promosi Kesehatan

2

1

1

-

4

Bd. 504

Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan

2

1

1

-

Jumlah

8

5

3

-

Total Teori : 50 SKS = 45,5 %

Total Praktikum dan klinik : 60 SKS = 54,5 %

Total SKS : 110 SKS

Sedangkan kurikulum Tahun 2011 sebagai berikut :

No

Kode MK

MPK

Bobot SKS

T

P

K

1

Bd. 101

Pendidikan Agama

3

2

1

-

2

Bd. 102

Pendidikan Kewarganegaraan

3

2

1

-

3

Bd. 103

Bahasa Indonesia

3

2

1

-

Jumlah

9

6

3

-

No

Kode MK

MKK

Bobot SKS

T

P

K

1

Bd. 201

Biologi Dasar dan Biologi Perkembangan

4

2

2

-

2

Bd. 202

Komunikasi dalam Praktik Kebidanan

3

1

2

-

3

Bd. 203

Keterampilan Dasar Kebidanan I

3

1

2

-

4

Bd. 204

Keterampilan Dasar Kebidanan II

3

1

2

-

5

Bd. 205

Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana

4

2

2

-

Jumlah

17

7

10

-

No

Kode MK

MKB

Bobot SKS

T

P

K

1

Bd. 301

Asuhan Kebidanan Kehamilan

5

3

2

-

2

Bd. 302

Asuhan Kebidanan Persalinan dan bayi baru lahir

5

3

2

-

3

Bd. 303

Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui

3

2

1

-

4

Bd. 304

Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak pra Sekolah

5

3

2

-

5

Bd. 305

Asuhan Kebidanan Kegawatdaruratan Maternal Neonatal

4

2

2

-

6

Bd. 306

Asuhan Kebidanan Komunitas

4

2

2

-

7

Bd. 307

Praktik Kebidanan I (Hamil, Bersalin, Nifas, KB, Neonatus, bayi dan Balita dan Anak pra Sekolah Normal )

6

-

-

6

8

Bd. 308

Praktik Kebidanan II ( Asuhan Kebidanan Komunitas, Kesehatan Reproduksi, dan Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal

6

-

-

6

9

Bd. 309

Praktik Kebidanan III ( praktik Komprehensif)

8

-

-

8

Jumlah

46

15

11

20

No

Kode MK

MPB

Bobot SKS

T

P

K

1

Bd. 401

Konsep Kebidanan

4

2

2

-

2

Bd. 402

Etikolegal dalam Praktik Kebidanan

4

2

2

-

3

Bd. 403

Kesehatan Masyarakat

4

2

2

-

4

Bd. 404

Metode Penelitian dan Statistik Dasar

3

1

2

-

Jumlah

15

7

8

-

No

Kode MK

MBB

Bobot SKS

T

P

K

1

Bd. 501

Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

3

2

1

-

2

Bd. 502

Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan

3

2

1

-

3

Bd. 503

Laporan Tugas Akhir

3

-

-

3

Jumlah

9

4

2

3

Total SKS : 96 SKS

Total Teori : 39 SKS = 40 %

Total praktikum (34)dan Klinik (23) : 57 SKS = 60%

  1. KALENDER AKADEMIK

Kalender Akademik dirancang mengacu pada Keputusan Mendiknas Nomor 232/U/2000 pada pasal 1 Bab I tentang ketentuan yang mencantumkan bahwa :

a. Sistem Kredit Semester adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester (SKS) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar dan beban penyelenggaraan program.

b. Semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas 16 sampai 19 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya, berikut kegiatan iringannya, termasuk 2 sampai 3 minggu kegiatan penilaian.

c. Satuan kredit semester selanjutnya disingkat SKS adalah takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama satu semester melalui kegiatan terjadwal perminggu sebanyak 1 jam perkuliahan atau 2 jam praktikum atau 4 jam kerja lapangan, yang masing – masing diiringi oleh sekitar 1 – 2 jam kegiatan terstruktur dan 1 – 2 jam kegiatan mandiri.

d. Berdasarkan hal tersebut diatas maka perkuliahan diatur dengan jumlah waktu yang diperlukan untuk satu semester yaitu terdiri dari proses pembelajaran, ujian tengah dan akhir semester, PPS dan atau pengkayaan dan libur semester.

Kalender Akademik Prodi Kebidanan telah disusun sesuai dengan kalender Akademik Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya, dan sesuai dengan Kalender Akademik Jurusan. Tetapi dalam prakteknya ada beberapa jadwal kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan kondisi yang ada di Prodi DIII Kebidanan kampus Bangkalan, tanpa mengurangi jumlah mingguyang telah disepakati di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surabaya. Adapun Kalender Akademik Pada Semester Ganjil ini adalah sebagai berikut :

BAB V

PENGORGANISASIAN

Struktur organisasi pada Program Studi D-III Kebidanan Kampus Bangkalan adalah sebagai berikut :

NO

NAMA/NIP/GOL

JABATAN

KET

1

Sri Wayanti, SSiT.,MPH

NIP. 196603271989032001

Penata Muda Tk.I, Gol. III/b

Ketua Program Studi DIII Kebidanan Kampus Bangkalan

2

Dwi Wahyu Wulan. S, SST

NIP. 197910302005012001

Penata Muda Tk.I, Gol. III/b

Pengadministrasi Akademik

3

Anis Nurlaili. S.SiT

NIP. 197602272001122001

Penata Muda TK.I, Gol III/b

Evaluasi

4

Kharisma Kusumaningtyas. S.SiT

NIP. 198103232008012014

Proses Belajar Mengajar

5

Deasy Irawati, SST

NIP. 197912082002122002

Praktek

6

Parji

NIP. 196611171994031003

Staf Administrasi Akademik

7

Rodiyatun, S.kep.Ns.,MPd

NIP. 196602101986032001

Penata Tk.I, Gol.III/d

Pengadministrasi Kemahasiswaan

8

Siti Anisak. S.Keb. Bd

NIP. 198406282006042003

Staf Kemahasiswaan

9

Mustofa Haris. S.Kp. M.Kes

NIP. 196808101989011001

Dosen

10

M. Choirin. SKM. M.Kes

NIP. 196412111985031007

Dosen

11

Khusnul Khotimah, SP.d

NIP. 196506262007012019

Kepegawaian

12

Legianto

NIP. 195903051981031008

Penata Muda Tk.I, Gol.III/b

Pengadministrasi Umum

13

Titin Sri Utami

NIP. 196404121997032001

Staf Administrasi Umum

14

Ellyati Farida,S.Psi

NIP197704082001122001

Staf Administrasi Umum

15

Achmadur Rifai

NIP. 196101111985031003

Staf Administrasi Umum

16

Nor Achmad

NIP. 195904181981031002

Penata Muda TK.I, Gol.II/a

Staf Administrasi Umum

17

Husnul Hotimah

NIP. 197507202008122002

Penata Muda TK.I, Gol. II/a

Staf Administrasi Umum

18

Dewi Yuliana E.K

NIP. 197107051992032001

Pengadministrasi Keuangan

19

Fatmawati

NIP. 196201081986012001

Staf Administrasi Keuangan

20

Suwarti

NIP. 196205101984032003

Staf Administrasi Keuangan

21

Ali Madinah, Amd.Keb. SST

NIP. 197708222002122001

Penanggung Jawab Asrama

22

Fitriah. S.Kep. Ns. M.Pd

NIP. 197012091995032001

Penanggung Jawab PPM

23

Sutio Rahardjo. S.Pd. S.Kep. Ns

NIP. 195811141981031001

Staf Penanggung Jawab PPM

24

Hasan

NIP. 196805151992032002

Pengadministrasi Sub. Unit IT & Promosi

25

Ira Rahayu Tiar Sari. SST

NIP. 198604292010122003

Pengadministrasi Sub Unit JAMU

26

Feftin Hendriyani. S.Kep.Ns. M.Pd

NIP. 197202181997032002

Pengadministrasi Sub Unit Laboratorium

27

Ira Puspitasari. SST

NIP. 197909262002122001

Staf Pengadministrasi Sub Unit Laboratorium

28

Rini Puspa

NIP. 196301251985032001

Pustakawan

29

Mesgimah

NIP. 197502032008121003

Penata Muda TK.I, Gol.II/a

Staf Pustakawan

30

Dra. Badriyah. M.Kes

NIP.195506051981032002

Dosen

31

Dra. Sulastri. A.Pr.Pend

NIP. 195404111975122001

Dosen

32

Suryaningsih, SSiT

NIP. 197805242001122003

Dosen

33

Esyuananik. S.SiT

NIP. 197506182005012002

Dosen

34

Moh. Hairi

NIP. 196305201990031002

Penata Muda TK.I

Caraka

35

Fendy Sistiawan

NIP. 197002042008121003

Penata Muda TK.I Gol.II/a

Petugas Keamanan

BAB VI

SUMBER DAYA

A. TENAGA

Perkembangan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Periode tahun 2010– 2011

No

Tahun

Jumlah

Kualifikasi Pendidikan

KET

1

2010

20

S2 MPd : 3 org

S2 MKes : 4 orang

S2 M.Keb : 1 orang

S2 KIA : 1 orang

S1 Kebidanan : 1 orang

S1 Keperawatan : 2 orang

S1 Psikologi : 1 orang

DIV Kebidanan: 7 orang

2

2011

21

S2 MPd : 3 org

S2 MKes : 4 orang

S2 M.Keb : 1 orang

S2 KIA : 1 orang

S1 Kebidanan : 1 orang

S1 Keperawatan : 2 orang

S1 Psikologi : 1 orang

DIV Kebidanan: 8 orang

1. Perkembangan tenaga kontrak periode tahun 2010 – 2011.

NO

TAHUN

JUMLAH PEGAWAI KONTRAK

PENG-ANGKATAN

CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL

SISA

TENAGA KON- TRAK

KET

1

2010

8

-

8

Belum ada pengangkatan

2

2011

7

-

7

Belum ada pengangkatan

2. Perkembangan Karyawan Tugas Belajar (TUBEL) periode tahun 2010 – 2011

No

Tahun

Jumlah

Fakultas/Universitas

Prodi/Minat

1

2010

2

Universitas Padjadjaran Bandung

Kebidanan

2

2011

2

Universitas Padjadjaran Bandung

Kebidanan

3. Perkembangan Karyawan Ijin Belajar (IBEL) periode tahun 2010 – 2011

No

Tahun

Jumlah

Fakultas/Universitas

Prodi/Minat

1

2010

1 (S 2)

1 (S 3)

Universitas Airlangga Surabaya

Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya

Keperawatan Manajemen

2

2011

1 (S 2)

1 (S 3)

1 (S 2)

Universitas Airlangga Surabaya

Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya

Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya

Keperawatan Manajemen

Sains Psikologi

4. Mutasi kepegawaian dan pensiun selama periode tahun 2010 – 2011

a. Tenaga PNS pindahan.

-

b. Tenaga PNS Pensiun

Tenaga PNS yang Pensiun pada tahun 2012 sebanyak 1 orang.

5. Daftar Urutan Kepangkatan (DUK)

Daftar Urutan Kepangkatan (DUK) Pegawai Negeri Sipil Program Studi D III Kebidanan Bangkalan berdasarkan golongan dan pendidikan sampai dengan tahun 2011 secara lebih terinci terlampir pada laporan ini.

6. Sertifikasi Dosen

Jumlah dosen yang telah mendapat sertifikasi dosen 4 orang.

B. SARANA DAN FASILITAS

1. Tanah

a. Luas tanah : 10.953 M2

b. Status Tanah Hak Pakai No. 48 / 1980

2. Gedung

RUANG KELAS

RUANG KETUA PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN KAMPUS BANGKALAN

RUANG PERTEMUAN

RUANG LABORATORIUM

ASRAMA

MUSHOLLA

RUANG MAKAN

MADING

KENDARAAN

LAPANGAN /HALAMAN

GAPURA DEPAN

PERPUSTAKAAN

POS SATPAM

BAB VII

PENUTUP

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan YME, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan profile Program Studi DIII Kebidanan Kampus Bangkalan untuk mengetahui secara lengkap dan akurat gambaran Program Studi DIII Kebidanan Kampus Bangkalan.

Profil Program Studi DIII Kebidanan Kampus Bangkalan ini disusun berdasarkan data yang ada dan sesuai dengan keadaan pada Program Studi DIII Kebidanan Kampus Bangkalan

Diharapkan dengan tersusunnya profil dari Program Studi DIII Kebidanan Kampus Bangkalan ini kami mendapatkan bimbingan dan pembinaan untuk meningkatkan kualitas Lulusan Ahli Madya Kebidanan

Kami menyadari bahwa penyusunan profil ini masih jauh dari kesempurnaan, karena itu kritik dan saran sangat kami harapkan.

Bangkalan, Mei 2012

Ketua Program Studi DIII Kebidanan

Kampus Bangkalan

Sri Wayanti, SSiT., MPH

NIP : 196603271989032001