PEDOMAN PRAKTIK KLINIK D4

PEDOMAN PEMBELAJARAN PRAKTIK KLINIK

PROGRAM STUDI D4 KEBIDANAN

  1. I. PENDAHULUAN

Latar Belakang

Penyelenggaraan pendidikan Diploma 4 Kebidanan merupakan pendidikan berdasar kompe-tensi yang bertugas mencetak bidan yang professional. Untuk mendapatkan tenaga bidan yang professional selain harus melalui pembelajaran teori di kelas, praktika laboratorium kelas, juga harus melaksanakan pembelajaran praktika klinik di tingkat pelayanan kesehatan maupun lapangan atau komunitas.

Pembelajaran praktika klinik merupakan proses transformasi dan implementasi yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik, menerapkan ilmu yang sudah dipelajari di kelas (baik teori dan laboratorium) pada situasi nyata (sebenarnya) dan memberikan kesempatan beradaptasi pada perannya sebagai bidan professional dalam melaksanakan praktika pada tatanan nyata sesuai tingkatan pelayanan kesehatan kebidanan sekaligus melaksanakan system manajerial sebagai manifestasi bidan sebagai manajer dan peneliti.

  1. II. TUJUAN PRAKTIK KLINIK

Mata kuliah Pembelajaran Praktikum Di Lahan Praktik : Keterampilan Dasar  Kebidanan (KDK)

  1. Tujuan Umum

Setelah mahasiswa melaksanakan praktika klinik diharapkan mampu melaksanakan Keterampilan Dasar  Kebidanan (KDK) terhadap ibu, bayi dan anak balita meliputi : kebutuhan dasar manusia, pencegahan infeksi, pemeriksaan fisik, pemeriksaan diagnostik prosedur pemberian obat, perawatan bedah kebidanan, asuhan pada klien yang kehilangan menghadapi kematian dan setelah kematian.

  1. Tujuan Khusus

1.1. Memenuhi kebutuhan dasar manusia

1.2. Melakukan pencegahan infeksi

1.3. Melakukan pemeriksaan fisik

1.4. Menyiapkan untuk pemeriksaan diagnostic

1.5. Menerapkan prosedur pemberian obat

1.6. Melakukan perawatan bedah kebidanan

1.7. Melakukan asuhan pada klien yang kehilangan, menghadapi kematian dan setelah kematian.

  1. III. KOMPETENSI YANG HARUS DICAPAI
  1. Kompetensi Yang Harus Dicapai Tingkat I Semester II
  1. Menerapkan prinsip pencegahan infeksi, pemrosesan alat dan instrument, menangani pembuangan sampah.
  2. Melaksanakan pemeriksaan fisik pada ibu, bayi dan anak balita
  3. Melaksanakan pemeriksaan untuk mempersiapkan diagnostik : Radiologik Laborato-rium
  4. Melaksanakan prinsip-prinsip pemberian obat
  5. Melaksanakan perawatan bedah kebidanan, perawatan luka pada bedah kebidanan
  6. Menangani klien yang mengalami krisis, kehilangan, membantu klien menghadapi kematian dan setelah kematian
  1. Target Pencapaian Keterampilan Dasar Kebidan di Lahan Praktik

1.    Menyiapkan tempat tidur :

  1. Tempat tidur terbuka
  2. Tempat tidur tertutup
  3. Tempat tidur pasca operasi

2.    Menerima pasien baru

  1. Menyiapkan alat yang diperlukan
  2. Memindahkan pasien dari brancard ke tempat tidur
  3. Memindahkan pasien dari kursi roda ke tempat tidur atau sebaliknya
  4. Membantu pasien berjalan

3.    Pengkajian Fisik

  1. Mengukur suhu badan / aksilar
  2. Mengukur suhu rectal
  3. Mengukur suhu oral
  4. Mengukur denyut nadi
  5. Menghitung pernafasan
  6. Mengukur tekanan darah
  7. Mengukur tinggi badan
  8. Mengukur berat badan

4.    Kebutuhan Hygiene perseorangan

  1. Mencuci rambut pasien
  2. Menyisir rambut pasien
  3. Membersihkan mulut
  4. Memotong kuku
  5. Memandikan pasien di tempat tidur
  6. Merawat mata
  7. Merawat telinga dan hidung
  8. Membersihkan alat kelamin

5.    Kebutuhan nutrisi

  1. Membantu pasien makan dan minum
  2. Memasang sonde
  3. Memberi makan melalui NGT

6.    Kebutuhan eliminasi

  1. Membantu pasien BAB
  2. Membantu pasien BAK
  3. Memberi huknah rendah / tinggi
  4. Memberikan gliserin semprot
  5. Memberikan obat suppositoria
  6. Memasang catheter
  7. Memasang dower catheter
  8. Perawatan dower catheter
  9. Melepas dower catheter

7.    Kebutuhan aktifitas dan istirahat

  1. Memberikan posisi fowler / semi fowler
  2. Memberikan posisi Sims
  3. Memberikan posisi Trendelenberg
  4. Memberikan posisi Litotomi
  5. Memberi posisi Dorsal recumbent
  6. Memiringkan pasien
  7. Memberikan posisi Genu pectoral
  8. Memberikan posisi tengkurap

8.    Kebutuhan keamanan dan keselamatan

  1. Memakai sarung tangan steril
  2. Memakai masker
  3. Memakai overskort
  4. Memakai mitella
  5. Memakai kacamata keselamatan
  6. Melaksanakan dekontaminasi
  7. Mencuci peralatan
  8. Melaksanakan DTT
  9. Melaksanakan sterilisasi
  10. Menyiapkan alat-alat steril
  11. Menggunakan alat-alat steril
  12. Melaksanakan macam-macam metode pembalutan

9.    Kebutuhan rasa nyaman

  1. Memberikan buli-buli panas
  2. Memberikan kirbat es
  3. Memberikan bantal angin

10.    Persiapan pre dan post operasi

  1. Mencukur rambut pubis / daerah operasi
  2. Melakukan relaksasi pada pasien post operasi
  3. Memasang gurita
  4. Mengganti balutan luka steril
  5. Merawat luka operasi
  6. Mengangkat jahitan

11.    Pemberian obat

  1. Menyiapkan dan memberikan obat per oral
  2. Menyiapkan dan memberikan obat per sonde
  3. Menyiapkan dan memberikan obat sub lingual
  4. Menyiapkan dan memberikan obat tetes hidung
  5. Menyiapkan dan memberikan obat tetas telinga
  6. Menyiapkan dan memberikan obat tetes mata
  7. Menyiapkan dan memberikan obat melalui rectal
  8. Menyiapkan dan memberikan obat melalui vaginal
  9. Menyiapkan dan memberikan obat melalui kulit

12.    Menyiapkan dan memberikan suntikan

  1. Intra muskuler
  2. Intra vena
  3. Sub kutan
  4. Intra kutan

13.    Kebutuhan keseimbangan cairan dan elektrolit

  1. Mengukur intake dan out put cairan
  2. Melaksanakan rehidrasi oral
  3. Menyiapkan dan melaksanakan pemberian infus
  4. Menghitung tetesan cairan infus
  5. Mengganti cairan infus

14.    Pemenuhan kebutuhan kebersihan lingkungan

  1. Menyapu lantai
  2. Mengepel lantai
  3. Melawa-lawa
  4. Membersihkan kaca
  5. Membersihkan tempat tidur
  6. Membersihkan alat bercat / berpelitur

15.    Pemenuhan Kebutuhan Oksigen

  1. Menghisap lendir pada bayi dengan Slym Zuiger
  2. Menghisap lendir pada orang dewasa dengan suction
  3. Menyiapkan dan melaksanakan pemberian oksigen

16.    Pemenuhan kebutuhan Psikososial

  1. Menyiapkan psikososial, spiritual dan cultural kepada pasien yang akan dilakukan tindakan kebidanan
  2. Membuat / menyiapkan informed cousent
  3. Menyiapkan keluarga dan pasien yang menghadapi sakaratul maut
  4. Menyiapkan keluarga dan pasien terminal

17.    Menyiapkan pasien untuk pemeriksaan diagnostik dan laboratorium

18.    Menyiapkan bahan dan pengiriman bahan untuk pemeriksaan

  1. Urine
  2. Faeces
  3. Darah
  4. Sputum

19.    Pencegahan infeksi

  1. Mencuci tangan
  2. Dekontaminasi

–        Rendam alat

–        Pencucian dan Pembilasan

–        Sterilisasi alat-alat

–        DTT

  1. IV. JUMLAH MAHASISWA

Jumlah Mahasiswa Tingkat 34 mahasiswa

  1. V. TEMPAT PRAKTIK

  1. Rumah Sakit Haji Surabaya

01.01.    Ruang Marwah I

01.02.    Ruang Marwah III

01.03.    Ruang Marwah IV

01.04.    Ruang Sofa III

01.05.    Ruang Sofa IV

01.06.    Ruang Marwah II (Jantung)

01.07.    Ruang Al Aqsa V

  1. VI. WAKTU PELAKSANAAN

Pelaksanaan praktik mulai tanggal 22 April s.d 12 Mei 2019

  1. VII. PEMBIMBING PRAKTIK

Daftar Nama Mahasiswa dan Nama Pembimbing Terlampir di jadwal praktk

  1. VIII. STRATEGI PEMBELAJARAN
    1. Mahasiswa memperoleh informasi tentang tujuan pembelajaran Praktik dan kompetensi yang harus dicapai (target)
    2. Mahasiswa memperoleh pembekalan yang diperlukan, sebelum pelaksanaan Praktik
    3. Mahasiswa dibagi dalam kelompok-kelompok
    4. Mahasiswa memPraktikkan ditempat Praktik terkait
    5. metode pembelajaran Praktik :

05.01.    Pre Conference

05.01.01. Informasi tentang proses Praktik

05.01.02. Penjajagan kesiapan Praktik mahasiswa

05.01.03. Perencanaan Praktik mahasiswa

05.02.    Midwifery Ronde/ Ronde kebidanan

05.03.    Bed Side Teaching

05.04.    Post Conference

05.04.01. Pemberian umpan balik antara pembimbing dan mahasiswa

05.04.02. Self evaluation / evaluasi diri

05.05.    Seminar pada 1 atau 2 hari terakhir pada minggu ke-2

  1. IX. EVALUASI PROSES BELAJAR PRAKTIK
    1. A. Kriteria Evaluasi

Evaluasi proses belajar Praktik meliputi :

  1. Kompetensi / keterampilan
  2. Sikap, kehadiran, disiplin, tanggung jawab, inisiatif
  3. Administrasi (laporan)
  1. B. Kelulusan

Mahasiswa dinyatakan mampu dengan kriteria :

  1. Kompetensi / keterampilan (bobot 5)

Dalam hal keterampilan mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan sesuai kompetensi yang telah ditentukan

  1. Sikap

Untuk menilai sikap minimal B (baik) (bobot3) atau (68-79)

  1. Administrasi

Untuk menilai dalam administrasi mahasiswa menyerahkan laporan kegiatan Praktik yang telah disahkan oleh Pembimbing (bobot 2)

Ketentuan :

A        =          79         –          100

AB      =          75         –          78

B        =          68         –          74

BC     =          60         –          67

C        =          55         –          59

D        =          50         –          54

E        =          0          –          49

Catatan :

Laporan dikumpulkan tepat waktu

Laporan terlambat 1 s/d 5 hari dikurangi 5%

Laporan terlambat 6 s/d 10 hari dikurangi 10%

Laporan terlambat lebih dari 10 hari dikurangi 20%

Lampiran  :  1

KERANGKA LAPORAN INDIVIDU

KEGIATAN PRAKTIK TK.I SEMESTER II

  1. Halaman Judul
  2. Lembar Pengesahan
  3. Kata Pengantar
  4. Tinjauan Teori

4.1.         Penyakit

  1. Pengertian
  2. Gejala
  3. Penyebab
  4. Komplikasi
  5. Penatalaksanaan / pengobatan
  6. Perawatannya

4.2.         Kebutuhan Dasar Manusia yang Prioritas 1 (Kebutuhan Fisiologis)

  1. Anatomi dan fisiologi
  2. Permasalahan yang dapat terjadi
  3. Asuhan yang diperlukan
  1. Tinjauan Kasus

5.1.         Pengkajian

5.2.         Masalah

5.3.         Asuhan yang diberikan

  1. Daftar Pustaka
Lampiran  :  2

KERANGKA LAPORAN KELOMPOK

KEGIATAN PRAKTIK TK.I SEMESTER II

Kata Pengantar

Lembaran Pengesahan

Bab I          :     Pendahuluan

1.1.     Latar Belakang

1.2.     Tujuan Penulisan

1.3.     Metode Penulisan

Bab II         :     I s i

2.1.     Macam-macam kasus (penyakit) yang ada di ruangan Praktik

2.1.1.        Penyakit dan definisi

2.2.     Macam-macam jenis keterampilan / tindakan perawatan yang ada di ruangan

2.3.     Pengalaman baru

Bab III        :     Pengelolaan Ruangan

3.1.     Denah ruangan

3.2.     Kapasitas ruangan

3.3.     Administrasi (prosedur) pasien dari Ruang Rawat Inap

3.3.1.        Pasien baru

3.3.2.        Pasien pulang

3.3.3.        Pasien meninggal

3.3.4.        Pasien Rujukan

3.3.5.        Pasien Askes / JPS

3.4.     Ketenagaan (nama, jabatan, jumlah)

Bab IV        :     Kesimpulan

Bab V         :     Daftar Pustaka

Lampiran  :  3

FORMAT PENILAIAN LAPORAN INDIVIDU

Nama Mahasiswa              :     ……………………………………………………………………………….

NIM                                  :     ……………………………………………………………………………….

Tanggal Praktik                 :     ……………………………………………………………………………….

Ruangan Praktik                :     ……………………………………………………………………………….

Nilai                                  :     ……………………………………………………………………………….

Semester / Tahun Akademik     :……………………………………………………………………………………

No. Aspek Yang Dinilai Bobot Nilai (0–100) Keterangan
I Laporan Pendahuluan (Tinjauan Pustaka20 %)
  1. Konsep Dasar Penyakit
  2. Konsep Dasar Kebutuhan Dasar Manusia yang Prioritas (Kebutuhan Fisiologis)

2.1.    Anatomi & fisiologi

2.2.    Permasalahan yang dapat terjadi

2.3.    Asuhan yang diperlukan

II Tinjauan Kasus

Pendokumentasian

III Responsi 30%
  1. Kemampuan menjawab berdasarkan teori
  2. Pertanggung jawaban atas laporan / asuhan ke-bidanan yang sudah dilaksanakan

Catatan :

A        =          79         –          100

AB      =          75         –          78

B        =          68         –          74

BC     =          60         –          67

C        =          55         –          59

D        =          50         –          54

E        =          0          –          49

Pembimbing Praktik Klinik,

———————————-

NIP.

Daftar :  Penilaian Kegiatan Praktik bagi Mahasiswa Program Studi Kebidanan Surabaya

Semester    :……………………………………….

Tanggal   :   …………………………………..

Nomor Nama Mahasiswa Yang Dinilai Jumlah dan Rata-Rata Ket.
Urut Induk Keterampilan

(N1 x 1)

Sikap

(N2 x 2)

Amd./Lap.

(N3 x 2)

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

Catatan :

A        =          79         –          100

AB      =          75         –          78

B        =          68         –          74

BC     =          60         –          67

C        =          55         –          59

D        =          50         –          54

E        =          0          –          49

Surabaya,  ……………………………….

Ketua Ruangan,                                                          Pembimbing Ruangan,

_______________________________                            _______________________________

Mengetahui  :

Kepala Diklat,                                                              Kepala Perawatan,

_______________________________                            _______________________________

Tulisan ini dipublikasikan di Seputar Jurusan Kebidanan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *